Siklus hidup produk atau product life cycle merupakan topik penting dalam bidang manajemen pemasaran maupun manajemen operasi. Siklus ini mendeskripsikan tahapan yang dilalui suatuproduk baru dari awal hingga akhir. Seorang manajer pemasaran harus memahami ini agar produknya bisa eksis di pasaran dan dia mengetahui strategi apa yang perlu dilakukan dalam memasarkan suatu produk berdasarkan total waktu produk tersebut telah ada.
Tahapan Siklus Hidup Produk
Siklus yang dialami suatu produk mulai dari produk tersebut dibuat hingga produk tersebut mati, terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap market introduction, market growth, market maturity, dan sales decline.
Pada tahap market introduction, penjualan suatu produk baru tersebut masih sangat rendah, karena produk tersebut baru saja diperkenalkan ke pasar. Konsumen belum mengenal produk tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan biasanya mempromosikannya secara masif.
Pada tahap market growth, penjualan meningkat pesat. Keuntungan perusahaan meningkat seiring dengan peningkatan penjualannya yang berada di puncak. Pada tahap inilah perusahaan mendapatkan keuntungan terbesar.
Pada tahap market maturity, penjualan produk masih meningkat dan kemudian mulai menurun, dan mulai terjadi persaingan yang ketat dengan para kompetitor. Keuntungan perusahaan mulai menurun. Perusahaan sebaiknya melakukan promosi yang persuasif pada tahap ini.
Siklus yang terakhir, sales decline. Pada tahap ini muncul produk baru dan menggantikan produk yang lama. Penjualan produk tersebut menurun drastis.
No comments:
Post a Comment